Selasa, 24 Februari 2015

Wisata Museum Geologi di Bandung

Museum Geologi Pamerkan Akik Ukuran Raksasa, dari Giok Sampai Kecubung

 


Bandung - Bagi penggemar batu akik bisa lebih dalam mengetahui seluk-beluk bebatuan tersebut di Museum Geologi. Museum yang berlokasi di Jalan Diponegoro Bandung ini juga memiliki sejumlah koleksi batu mulia yang beberapa di antaranya tersohor dengan nama pasar batu akik. Apa saja koleksinya?

Kepala Museum Geologi, Sinung Baskoro mengajak detikcom ke lantai II. Di sana ada ruangan yang khusus menerangkan terkait pemanfaat dan kegunaan mineral atau batu bagi manusia. Dalam ruangan tersebut juga terpajang jenis-jenis mineral yang dilengkapi panel gambar dan layar informasi.

Yang pertama menarik perhatian adalah batu berwarna ungu tua berbentuk bulat diameter 15 centimeter yang dipajang di luar tanpa ditutup kaca. Juga di etalase yang ditutup kaca ada batu serupa setinggi 50 centimeter. Rupanya batu tersebut adalah batu yang bernama ilmiah Kristal Ametis atau yang kini tersohor dengan mana Batu Kecubung. Batu tersebut tidak diketahui asal mulanya karena pihak museum mendapatkan batu tersebut dengan cara membeli.

"Ini kita beli waktu itu. Kalau beli kadang sudah dari beberapa tangan tidak diketahui daerah asalnya dari mana," ujar Sinung kepada detikcom, Senin (23/2/2015).

Batu lain yang masih berupa bongkahan yang dipajang di museum tersebut yakni batu Sitrin, Safir dan Garnet. Batu-batu tersebut disajikan dalam diameter sekitar 10-15 centimeter. Tak hanya itu, di ruangan tersebut Museum Geologi juga memamerkan koleksi batu yang sudah dipoles sehingga terlihat jauh lebih cantik. Seperti batu Sunstone, Pirus, Fluorit dan Giok Jawa.




"Sebetulnya koleksi batu mulia ini cukup banyak juga, tapi disimpan di storage. Ini kami pamerkan yang paling ideal," kata Sinung.

Akhir Maret 2015 mendatang, Museum Geologi rencananya akan melaunching ruang pamer baru yang juga menyajikan batuan-batuan yang kini sedang populer. Sebagai bocoran, ada batu kecubung dan giok dalam ukuran yang cukup besar. Seperti apa penampakannya, kita tunggu saja!

Sumber; detik.com



Paket Wisata Bandung dengan jalur Jakarta - Puncak - Bandung, PP
per day only 2,4 IDR with Micro Bus 31 seat atau 3,5 IDR per day with Big Bus 49 seat
WhatsApp / LINE ; 0818.0693.8373 - 0812.935.99742

Tidak ada komentar:

Posting Komentar